«

»

Makanan Untuk Penyakit Gula

Makanan Untuk Penyakit Gula | Berbagai Makanan Untuk Penyakit Gula Yang Bagus Untuk Penderita Penyakit Gula

Makanan untuk penyakit gula. Bagi penderita diabetes melitus baik yang tipe 1 atau tipe 2, menjaga asupan makanan, adalah hal mutlak agar kadar gula dalam darah tetap stabil dan mengurangi risiko komplikasi penyakit gula.

Usaha mengontrol kadar gula darah tidak semata-mata fokus pada makanan untuk penyakit gula, ada hal lain yang perlu dihindari misalnya dengan cara membatasi asupan nasi putih, gorengan dan makanan olahan yang berlemak.

Usaha mengontrol kadar gula darah juga dapat dilakukan dengan memperhatikan makanan yang sebaiknya dikonsumsi juga sangat perlu diketahui seorang penderita penyakit gula.

Makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengontrol gula darah? Pakar nutrisi penyakit gula menganjurkan agar diabetisi mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi sehat, seperti serat, omega-3, kalsium, dan vitamin D yang kemudian kita sebut makanan untuk penyakit gula.

Berikut beberapa makanan untuk penyakit gula:

Kacang polong

makanan untuk penyakit gula kacang polong

Makanan untuk penyakit gula pertama adalah kacang polong karena tinggi serat. Serat merupakan komponen tumbuhan yang membuat anda kenyang, menstabilkan kadar gula darah, dan bahkan menurunkan kolesterol. Setengah cangkir kacang hitam mengandung sekitar 7 gram serat. Selain itu, kacang polong juga mengandung kalsium, mineral yang terbukti membantu membakar lemak tubuh. Kacang polong adalah makanan untuk penyakit gula terbaik yang bisa di konsumsi sesering mungkin. Setengah cangkir mengandung sekitar 100 gram kalsium, sekitar 10 persen dari asupan harian. Di samping itu, kacang polong juga merupakan sumber makanan yang kaya protein. Berbeda dengan sumber protein hewan (daging), kacang polong rendah lemak jenuh, lemak yang menyumbat arteri dan memicu penyakit jantung.

Susu

makanan untuk penyakit gula susu

Produk susu, seperti susu, keju dan yogurt, kaya kalsium dan vitamin D. Sebuah studi, seperti dikutip situs prevention.com, menemukan, perempuan yang mengonsumsi lebih dari 1.200 mg kalsium atau lebih dari 800 internasional unit (IU) vitamin D sehari berisiko 33 persen lebih rendah menderita penyakit gula dibandingkan mereka yang mengonsumsi kedua nutrisi ini dalam jumlah kurang. Tapi, pastikan memilih produk susu yang rendah atau bebas lemak. Susu adalah salah satu makanan untuk diabetes yang bagus.

Salmon

makanan untuk penyakit gula salmon

Siapa yang tidak mengenal salmon? Makanan untuk penyakit gula selanjutnya adalah salmon, salmon kaya asam lemak omega-3. Tiga ons salmon menyediakan sekitar 1.800 mg omega-3. Jenis lemak sehat ini berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan berat badan, mengurangi peradangan, serta memperbaiki resistensi insulin. Selain itu, ikan ini juga mengandung vitamin D. Salmon adalah salah satu makanan untuk penyakit gula daging yang sehat untuk tubuh anda.

Tuna

makanan untuk penyakit gula tuna

Selain ikan salmon, tuna merupakan jenis ikan sehat yang juga kaya asam lemak omega-3. Tiga ons tuna menyumbangkan 1.300 mg omega-3 dan sejumlah vitamin D. Tuna juga merupakan salah satu makanan untuk penyakit gula daging yang sehat untuk tubuh penderita diabetes.

Oats

makanan untuk penyakit gula oats

Makanan untuk penyakit gula pengganti nasi atau karbohidrat adalah Oats. Oats kaya serat, setengah cangkir oat instan menyumbangkan empat gram serat. Penelitian menunjukkan bahwa pencinta oat bisa menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat LDL serta memperbaiki resistensi insulin. Kandungan serat dalam oat memperlambat proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat. Karena itu, kadar gula darah Anda akan tetap stabil. Bagi penderita diabetes yang bingung pengganti nasi itu apa, maka oats adalah salah satu makanan diabetes yang dapat menggantikan nasi atau karbohidrat lainnya.

Biji rami

makanan untuk penyakit gula biji rami

Biji rami kaya akan serat dan alpha-linolenic acid (ALA), yang akan diubah tubuh menjadi omega-3 EPA dan DHA. Beberapa studi besar telah menemukan hubungan antara peningkatan asupan ALA dan penurunan kejadian penyakit jantung, serangan jantung, serta gangguan kardiovaskular lainnya. Biji berukuran kecil ini juga dinyatakan bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Biji rami merupakan salah satu makanan untuk penyakit gula yang terpilih membantu penderita diabetes mendapatkan asupan yang cukup tanpa melambung tinggikan gula darah.

Kenari

makanan untuk penyakit gula kacang kenari

Satu ons kacang sehat ini (sekitar tujuh biji) mengandung 2 gram serat dan 2,6 gram ALA. Tapi, jumlah tersebut juga menyumbangkan 185 kalori. Jadi, perhatikan jumlah asupan jika Anda sedang mempertahankan berat badan. Makanan untuk penyakit gula ini perlu perhatian khusus agar tidak konsumsi berlebihan.

Selai kacang

makanan untuk penyakit gula selai kacang

Beberapa studi telah menyatakan bahwa selai kacang merupakan salah satu makanan untuk penyakit gula yang bisa mengurangi risiko diabetes melitus. Kandungan serat di dalamnya (dua sendok makan mengandung 2 gram serat) turut berperan dalam penurunan risiko ini. Selain itu, selai kacang juga mengandung lemak tunggal tidak jenuh yang baik untuk jantung. Tapi, makanan ini juga kaya kalori. Karena itu, perhatikan takaran asupan Anda.

Cokelat hitam (dark chocolate)

makanan untuk penyakit gula coklat hitam

Mengapa cokelat hitam menjadi salah satu makanan untuk penyakit gula? Ternyata Cokelat ini kaya antioksidan flavonoid, yang berfungsi memperbaiki kadar kolesterol baik dan jahat serta mengurangi tekanan darah. Tetap perlu dijaga asupannya agar tidak berlebihan.

Memang penderita diabetes harus sementara pilih-pilih makanan dulu untuk menjaga agar asupan gula ke dalam tubuh dapat di batas normal, namun ada cara lain untuk mengatasi diabetes melitus yaitu dengan cara memperbaiki sel beta pankreas agar dapat menghasilkan insulin lagi, sehingga penderita diabetes melitus dapat bebas makan apa saja namun tetap kadar gula dalam darah masih dalam batas normal, untuk tahu caranya anda bisa klik Cara Mengatasi Tuntas Diabetes Melitus